Waspadalah Terhadap Virus Rubella

24 Sep 2013

Waspadalah terhadap Virus Rubella. Jika seorang wanita yang tengah Hamil terkena virus ini bisa sangat berbahaya. Bahayanya bukan pada si Ibu melainkan Janin yang dikandungnya. Jika si Ibu terkena virus Rubella di trisemester pertama bisa makin fatal, si janin bisa keguguran, atau kalau selamat bisa terjadi kebutaan, tuli, dan penyakit lainnya. Apalagi jika terjadi di trisemester ke tiga saat pembentukan jantung,salah satu yang terjadi dalam pembentukannya adalah terjadinya kebocoran pada pembuluh darah besar, bilik maupun serambi. Hal itu menyebabkan jantung tidak berfungsi secara maksimal.

Untuk orang Dewasa biasa Virus Rubella atau yang biasa disebut campak Jerman bukanlah virus yang berbahaya ataupun mematikan. Infeksi Rubella tidak spesifik, cuma demam ringan, pusing, pilek, mata merah,nyeri persendian. Menurut dokter spesialis bedah jantung anak DR. Eka Gunawijaya, Sp.A., salah satu penyakit infeksi ringan pada ibu yang berakibat fatal pada perkembangan jantung anak adalah infeksi Rubella. Rubella adalah salah satu virus yang termasuk dalam kelompok TORCH (Toksoplasma, Rubella, Sitomegalovirus dan Herves Simplek).

Virus Rubella sangat susah dikenali,bahkan penyebarannya pun mudah sekali. Virus ini disebarkan oleh udara

Untuk itu disarankan untuk melakukan vaksinasi bagi wanita yang ingin hamil. Vaksinasi untuk Virus Rubella minimal 3 bulan sebelum hamil. Tapi,untuk Ibu yang sudah Hamil tidak boleh melakukan vaksin untuk virus Rubella ini. Untuk yang sudah pernah terserang virus ini,tidak usah divaksin lagi karena sudah terbentuk antibodi dengan sendirinya di dalam tubuh. Sayangilah calon buah hati anda dengan memperhatikan semua hal sebelum terlambat :)


TAGS virus Rubella jantung penyakit jantung vaksinasi TORCH Toksoplasma Sitomegalovirus Herves Simplek


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post